Home
Produk
0Keranjang
Cari
Chat

Cara Memilih Model Gorden Minimalis dan Elegan

Diposting oleh admin pada 18 Desember 2021

Sebelum memilih model gorden minimalis yang tersedia di pasaran, ada beberapa hal yang perlu perhatikan

1. Tema Ruangan


Menurut Amalia, selaku Arsitek dan Designer Interior dari Nu Kassa, Jakarta saat ditemui Orami, perlu rembukan dengan Dads dan menentukan tema yang ingin ditampilkan dari gaya interior rumah terlebih dahulu.

Gaya rumah tropikal, minimalis moderen, minimalis skandinavian yang sedang diminati, hingga minimalis mid-century memerlukan desain gorden dan tipe gorden yang mampu mendukung interior secara keseluruhan.

Wanita yang ikut ambil bagian dalam arsitektur beberapa selebriti ternama seperti Jessica Iskandar ini pun mengingatkan untuk jangan terkecoh dengan hanya melihat produk display di toko gorden.

Perlu membayangkan, apakah gorden tersebut cocok jika disandingkan bersama dengan furniture rumah, cat dinding, dan elemen lain dalam ruangan rumah kita?

2. Bahan Gorden Minimalis

10 Jenis Kain Gorden untuk Mempercantik Interior Ruangan, Jangan Sampai  Salah Pilih | Rumah123.com

Di pasaran, dijual berbagai jenis bahan gorden minimalis. Sebut saja mulai dari linen, katun, chenille, satin, dimout, beledu hingga blackout.

Menurut residencestyle.com, pastikan memilih bahan yang tepat agar gorden bisa bergerak, "menari" saat tertiup angin, dan tampil cantik dengan lekuk kain yang memikat.

Bahan chenille, cenderung lebih berat, teksturnya tebal, tidak mudah sobek, dan lebih tahan lama. Cocok untuk menghiasai ruangan rumah yang sarat dengan tema interior klasik.
Namun, bahan ini sulit dibersihkan jika terkena noda.

Lain lagi dengan bahan katun yang biasanya menggunakan katun cina. Jenis bahan gorden ini memang lebih tipis. Tapi bahannya cukup kuat, tahan lama, dan mudah dijahit.
Tak heran jika jenis bahan gorden ini banyak diminati keluarga masa kini.

Biasanya, bisa memilih dua gaya gorden. Gorden satu lapis atau gorden dua lapis. Gorden dua lapis terdiri dari vitrase (biasanya berwarna putih dan berbahan tembus pandang) dan kain gorden yang lebih tebal.

Jika ingin mengedepankan kesan modern minimalis, maka bisa menggunakan horizontal blind yang berbahan kanvas atau dimout.
Bahannya memang cenderung kaku dan kasar, tapi penggunaan bahan ini mampu membantu menghalangi sinar matahari masuk ke ruangan hingga 90%. Rumah pun tidak hanya tampak cantik, tapi juga lebih adem.

Saat memilih gorden, jangan lupa juga untuk memerhatikan simpul atas gorden dan bagaimana gorden tersebut "jatuh" ke lantai.
Menurut situs houseandgarden.co.uk, detail tersebut bisa membantu membuat gorden tampak trendi sekaligus "menyumbang" kontribusi baru pada interior ruangan.

Chat